Wakil Wali Kota Depok Ajak Lansia Gabung ke Komunitas

0
2

DEPOK – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) mengajak para lansia untuk bergabung ke komunitas. Hal ini dimaksudkan agar lansia di hari tuanya tidak merasa sendiri.

“Para lansia ayo bergabung di komunitas lansia agar tidak merasa sendiri. Dan terus lakukan gerakan-gerakan untuk menyehatkan tubuh agar bahagia dunia dan akhirat,” ujar IBH saat menghadiri halalbihalal Pokja Lansia dan Lembaga Lanjut Usia (LLI) Kecamatan Sawangan, di Taman Kelurahan Sawangan baru, Selasa (31/05/22).

Pada kesempatan tersebut, IBH juga mengungkapkan ada tiga persoalan yang sering dialami oleh lansia. Pertama adalah masalah ekonomi.

“Untuk itu, Depok mengeluarkan Kartu Depok Sejahtera (KDS) untuk lansia, bagi mereka yang belum terdaftar sebagai penerima KDS lansia agar segera daftarkan ke Dinas Sosial. Masalah ekonomi muncul kerena sudah pensiun, sehingga tidak punya penghasilan yang cukup,” jelasnya.

Berikutnya adalah permasalahan sosial. IBH mengungkapkan, permasalahan ini muncul karena sebagaian lansia sudah di tinggal anaknya menikah.

“Makanya dibutuhkan komunitas lansia untuk ngobrol atau bercengkrama bersama komunitas agar tetap bahagia dan tidak kesepian,” ungkapnya.

Terakhir, persoalan yang acap kali dialami oleh lansia adalah masalah kesehatan. Untuk itu, IBH mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan terus meningkatkan fasilitas kesehatan bagi para lansia.

“Pemkot Depok mempersiapkan infrastruktur untuk kesehatan lansia, ada Puskesmas, Posbindu dan lain-lainnya. Saya berharap nantinya Puskesmas bukan hanya menunggu pasien di Puskesmas tapi berharap bisa mengunjungi lansia dari rumah ke rumah,” jelasnya.

“Jadi aktif menghubungi para lansia untuk memeriksa kesehatannya. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati,” tandasnya. (sbd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini