TMMD ke-118 Wilayah Kodam III/Siliwangi Secara Serentak Resmi Dibuka

0
3

Indramayu, Jabarinteraktif.com

Kapoksahli Pangdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kuat Budiman, S.I.P., menghadiri upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-118 Kodim 0616/Indramayu yang dibuka secara resmi oleh Bapak Aep Surahman selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Indramayu dilaksanakan di Desa Cikawung, Kec. Terisi, Kab. Indramayu, Rabu (20/9/2023).

Pembukaan TMMD ke-118 ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan berita acara serah terima program TMMD dari Sekda Kab. Indramayu kepada Dandim 0616/Indramayu Letkol Arm Andang Radianto sekaligus penyerahan secara simbolis Alkap TMMD kepada perwakilan anggota TMMD.

Sasaran fisik dalam TMMD ke 118 Kodim 0616/Indramayu, meliputi bangunan jembatan beton, Pembangunan jalan hotmix, Pembangunan TPT, Pembangunan drainase dan Pembangunan Rutilahu.

Sedangkan untuk sasaran non fisik berupa pelatihan budidaya ikan, bimsos kepada penyandang disabilitas, pelatihan las listrik dan perbengkelan.

Bupati Indramayu pada sambutannya yang dibacakan Sekda Indramayu menyampaikan, program TMMD merupakan bentuk kolaborasi antara TNI dengan Pemda Indramayu, masyarakat dan stakeholder lainnya, dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

“Kegiatan TMMD digelar selama 30 hari di Desa Cikawung, karena daerah tersebut memiliki beberapa kriteria yang perlu dibantu, dalam hal ini beberapa program sedang dilaksanakan baik dari Pemda maupun Pemprov jabar,” ucap Sekda.

Dengan adanya perubahan iklim saat ini, akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat, untuk itu Pemda bersama TNI akan selalu berupaya untuk membantu mensejahterakan masyarakat.

“Kami berharap, masyarakat setempat nantinya bisa memelihara bantuan sarpras yang telah diberikan melalui program TMMD Kodim 0616/Indramayu,” tutur Sekda.

Program TMMD ke 118 di wilayah Kodam III/Slw juga dilaksanakan di wilayah Kodim 0603/Lebak yang dihadiri oleh Danrem 064/SK Brigjen TNI Tatang Subarna, Kodim 0608/Cianjur dihadiri oleh Danrem 061/SK Brigjen TNI Anan Nurakhman dan Kodim 0613/Ciamis dihadiri oleh Danrem 062/TN Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.I.P., M.M.

Untuk sasaran fisik TMMD Kodim 0603/Lebak berupa pembukaan jalan sepanjang 6,65 km dan lebar 8 meter, pengerasan jalan sepanjang 2,3 km dan lebar 3 meter, pemasangan gorong-gorong 7 unit, dan pembuatan drainase sepanjang 6,65 km.

Sementara itu sasaran fisik TMMD di Kodim 0608/Cianjur meliputi betonisasi Jalan sepanjang 2.080 m dengan lebar 3 m, rehab Rutilahu sebanyak 2 unit dengan ukuran 6×4 m, rehab Mushola 1 unit, rehab Madrasah 1 unit, pembuatan MCK 1 unit, dan pembuatan Pos Ronda sebanyak 2 unit.

Sedangkan untuk sasaran fisik TMMD Kodim 0613/Ciamis meliputi pembangunan jalan rabat beton sepanjang 353 meter, pengaspalan jalan sepanjang 750 meter, pekerjaan saluran irigasi, sumur bor dan pembuatan MCK. Termasuk pembangunan Tembok Penahan Tanah, plat beton dan rutilahu sebanyak 5 unit.

Pembukaan TMMD ke 118 di wilayah Kodam III/Slw dilaksanakan secara serentak dibuka oleh para Bupati/Walikota di masing-masing wilayah dengan mengambil tema “Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat semakin kuat”. (Pendam III/Siliwangi).

Reporter: Ronny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini