Sebanyak 12 Siswa Akan Mewakili Jabar di FLS2N SMA Tingkat Nasional Tahun 2023.

0
4

Lembang, Jurnalkotatoday.com

Sebanyak dua belas siswa akan mewakili Jawa Barat (Jabar) di Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMA tingkat nasional tahun 2023. Mereka adalah juara FLS2N tingkat provinsi yang digelar pada 4-6 Juli 2023 di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Kedua belas bidang lomba tersebut, yakni vokal solo putra, vokal solo putri, kriya, desain poster, baca puisi, tari kreasi, komik digital, film pendek, monolog, cipta puisi, cipta lagu, dan gitar solo.

Jadi yang Terbaik

Dalam pembukaan FLS2N, Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Jabar, Yesa Sarwedi menegaskan, sebanyak 378 peserta FLS2N tahun ini adalah para pemenang. “Mereka adalah juara di tiap kabupaten. Jadi, jangan patah semangat dan berjuanglah maksimal!” serunya.

Sekdisdik berharap, ajang ini mampu mendorong siswa menguasai keberagaman budaya lokal. Ia pun mengaku terkesan dengan animo para peserta tahun ini. “Sudah dua tahun ke belakang dan sekarang saya baru membuka acara (FLS2N) secara luring, ternyata sangat banyak pesertanya. Semangatnya luar biasa,” ucapnya terkesan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Disdik Jabar, Awan Suparwana berpesan, para pemenang hari ini harus bisa merawat tradisi, yakni menjadi juara di tingkat nasional. “Kami harap anak-anak bisa jadi juara di sana. Kami harap, persiapan benar-benar matang, perkuat pendampingan supaya tradisi juara di nasional bisa kita dapatkan tahun ini,” ucapnya.

Salah satu pemenang, Angelina Lipina Lumembang mengaku, prestasi hari ini bak mimpi yang menjadi kenyataan. “Aku enggak nyangka bisa ada di sini. Dari iseng bikin lagu bisa sampai sini, kayak mimpi,” ungkap siswa SMAN 5 Karawang tersebut.

Angel, sapaan akrabnya menjadi juara 1 di bidang lomba cipta lagu. Selain menggemari dunia musik dan andal memainkan piano, ia mengaku, prestasi tersebut tak lepas dari peran guru pembimbing. “Aku bersyukur banget ada Ummi Betty (guru pembimbing) yang udah ngebantu buat partitur dan ngajarin tentang not (tanda nada). Aku bersyukur banget bisa masuk SMAN 5 dan ketemu Ummi,” aku siswa kelas X tersebut.

Ia pun akan tancap gas untuk mempersiapkan diri di FLS2N tingkat nasional. “Pasti secepatnya langsung persiapan lagi karena pengalaman kayak gini tuh sekali seumur hidup,” pungkasnya.

Juara I FLS2N SMA Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023:

– Menyanyi Solo Putri : Syaktifa Jasmine Nadhira (SMAN 5 Cimahi)

– Menyanyi Solo Putra : Reika Putra Kosasih (SMAN 1 Margahayu)

– Desain Poster : Faiz Musyaffa Akmaldika (SMAN 1 Ngamprah)

– Kriya : Muhammad Irsyad Yudhawinata (SMA Pasundan 1 Cianjur)

– Tari Kreasi : Kinanti Prita Manohara (SMAS Labschool Cibubur)

– Baca Puisi : Kaori Blesa (SMAN 1 Cianjur)

– Komik Digital : Kamila Naila Husna (SMAN 2 Tasikmalaya)

– Film Pendek : Diksi Imaji, Muhammad Syaeful Hidayat (SMA ITUS Jalaksana)

– Cipta Lagu : Angelina Lipina Lumembang (SMAN 5 Karawang)

– Monolog : Fitrah Mayshalna Gunawan (SMAN 1 Lembang)

– Gitar Solo : Rafly Irsani Irawan (SMAN 1 Majalaya)

– Cipta Puisi : Alandra Rafi Farisi (SMAN 5 Bogor).

Reporter: Ronny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini