Peringati Harkitnas Ke-15 Kajati Jabar “Jaga Bara Api Semangat Kebangkitan Nasional”

0
2

Bandung, Jabarinteraktif.com

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kajati Jabar) Ade Sutiawarman bertindak selaku inspektur upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115 di lapangan upacara lantai 3 Kantor Kejati Jabar Jl. L.L.R.E Martadinata No. 54 Bandung.

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tersebut diikuti para Asisten, Koordinator, para Kasi, Jaksa dan pegawai di lingkungan kantor Kejati Jabar. Senin (22/05/2023)

Pada Kesempatan itu Kajati Jabar Ade Sutiawarman menyampaikan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini mengusung tema “Semangat untuk Bangkit”, pemilihan tema “Semangat untuk Bangkit” tersebut sangatlah tepat karena pada tanggal 5 Mei 2023, badan kesehatan dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency Of International Concern (Pheic) atau darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi dicabut. Maka dari itu kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi Covid19.

Kajati menyampaikan selama 3 tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

Data badan pusat statistik (bps) menunjukan bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% (year-on-year/yoy), jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 5 6 sebesar 3,70% (yoy) dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan 1 tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03% (yoy), menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan iv tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01% (yoy). Diharapkan agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa indonesia. Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Hari Kebangkitan Nasional juga dapat dimaknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan selama ini.

Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20. Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama ibu pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”.

Mengutip perkataan Dr. Soetomo, “Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya”. Dengan semangat yang sama pula Kajati Jabar mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

Kajati juga berpesan agar bara api semangat kebangkitan yang ada saat ini harus dijaga agar dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak.

Mengakhiri sambutan Kajati mengucapkan “Selamat memaknai dan memperingati hari kebangkitan nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit!”

Reporter: Ronny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini