Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, Jadilah Prajurit Siliwangi Yang Patriotik

0
5

Bandung, Jabarinteraktif.com

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan di Lapangan upacara Makodam III/Slw Jl. Aceh No. 69, Kota Bandung, Kamis (17/08/2023).

Upacara diikuti oleh seluruh personel Kodam III/Slw baik Satuan Balakdam, Satpur dan Satbanpur wilayah Bandung dan sekitarnya. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Letkol Inf Edi Ristriyono Dansecata Rindam III/Slw.

Panglima TNI pada amanatnya yang dibacakan Pangdam III/Slw menegaskan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kepada para pejuang, pendiri Republik Indonesia dan para pahlawan sejati yang telah memberikan segala-galanya melampaui dari apa yang seharusnya diberikan.

“Sebelum kita mampu merekatkan kemajemukan, maka soliditas dan sinergitas diantara kita harus terwujud terlebih dahulu. Ingat, pada era globalisasi seperti sekarang perkembangan lingkungan strategis memiliki dampak yang signifikan terhadap suatu negara, termasuk negara kita,” tutur Panglima.

TNI sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir bangsa, dituntut untuk terus menjunjung tinggi komitmen dalam membela kepentingan dan hak masyarakat luas, termasuk dalam menyikapi setiap fenomena yang terjadi di masyarakat.

“Amalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sebagai komitmen moral prajurit dalam membantu meringankan kesulitan masyarakat di sekelilingnya. Demikian juga PNS, amalkan sungguh-sungguh Panca Prasetya Korpri, jadilah prajurit atau PNS yang patriotik,” ujar Panglima.

Selain itu, dalam rangka memeriahkan HUT ke –78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kodam III/Slw menyelenggarakan berbagai perlombaan. Lomba bakiak, lomba sambung sarung, lomba memasukkan paku dalam botol, lomba joget kursi, lomba menyamar, lomba mendorong bus dan lomba tarik tambang.

Perlombaan berjalan dengan sangat meriah. Tak jarang setiap satuan saling beradu gengsi dalam mengikuti setiap perlombaan. Teriakan, yel-yel dan tepuk tangan mengiringi prajurit yang berlomba, namun dengan tetap menjunjung sportivitas.

Suasana terasa lengkap saat canda tawa, cengkerama dan komunikasi terjadi secara langsung bersama pimpinan saat mengikuti kegiatan begitu terasa dekat tanpa penyekat. Para suporter tidak henti-hentinya mendukung rekannya yang sedang berlomba.

Para pedagang kaki lima di sekitar Makodam III/Slw turut mendapatkan berkah perayaan HUT kemerdekaan yang digelar, dengan diborong seluruh dagangannya untuk prajurit yang mengikuti perlombaan.

Diharapkan melalui perlombaan, terkandung nilai-nilai tradisi luhur yang dapat memupuk kebersamaan dan semangat sebagai pondasi utama dalam pelaksanaan tugas. (Pendam III/Siliwangi).

Reporter: Ronny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini