Penyair Tora Kundera Bacakan ZIARAH GUNUNG Karya Sitor Situmorang

0
3
FOTO: Penyair Tora Kundera, membacakan puisi ZIARAH GUNUNG Karya Sitor Situmorang pada 25 Desember 2020 di Langgar Aksara Nusantara.(Istimewa)

DEPOK – Dalam rangkaian acara 6 Tahun Mengenang Wafatnya Sastrawan Besar Sitor Situmorang yang dimulai dari 21 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021, penyair Tora Kundera merasa senang diminta untuk membacakan karya Sitor Situmorang oleh anak kandungnya yaitu Logo Situmorang.

Tora Kundera yang juga merupakan Ketua KSD (Komunitas Sastra Depok), memilih tanggal 25 Desember 2020 bertepatan dengan hari Natal 2020 dimana hari tersebut diperingati sebagai hari kelahiran Isa Almasih.

Pembacaan puisi karya Sitor Situmorang berjudul ZIARAH GUNUNG oleh Tora Kundera ini dilakukan di Langgar Aksara Nusantara dikawasan Joglo Nusantara, yang didirikan oleh Heri Gonku, lokasinya di tepi Situ Pengasinan, Sawangan Kota Depok.

Menurut Tora Kundera, sosok sastrawan besar Sitor Situmorang ini sempat tertutup kabut di masa Orde Baru. “Banyak generasi muda yang tidak tahu nama dan karya beliau di masa Orde Baru. Bahkan untuk mendapatkan karyanya pun sulit, dan saya malah mendapatkan karya beliau di Pusat Kebudayaan Perancis, bukan di perpustakaan atau toko buku biasa,” ujar Tora Kundera mengenang kisah 23 tahun lalu ketika dirinya pertama kali bertemu dengan karya Sitor Situmorang.

Pada kesempatan ini, Tora Kundera juga mengatakan keprihatinannya pada bangsa dan negara ini yang semakin melupakan karya-karya penting dan sangat mempengaruhi proses berdirinya negeri ini. “Para pemimpin negeri ini harus tahu dan sadar bahwa ‘Indonesia’ kita saat ini lahir dari puisi, dari para sastrawan tanah air,” ujar Tora Kundera usai membacakan puisi ZIARAH GUNUNG.(pri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini