Lestarikan Budaya Sunda, Kodim 0609/Cimahi Gelar Pasanggiri Jaipong

0
3

Cimahi, Jabarinteraktif.com

Bekerja sama dengan Sunda Djati, Kodim 0609/Cimahi menggelar perlombaan Pasanggiri Jaipongan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun RI ke 78, Sabtu (12/08/2023).

Lomba diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat dan Banten yang dilaksanakan di Gedung Siliwangi Makodim 0609/Cimahi Jln Gatot Subroto No. 248 Cimahi.

Demikian disampaikan Dandim 0609/Cimahi Letkol Arm Boby, S.I.P., saat dikonfirmasi di Markas Kodim.0609/Cimahi, Minggu (13/08/2023).

kegiatan lomba seni jaipong tersebut selain sebagai ajang kompetisi, juga bertujuan untuk menggali potensi seni budaya tradisional, melestarikannya agar Senin budaya jaipong yang ada di Jawa Barat dapat terpelihara dengan baik.

“Antisipasi terjadinya dekadensi moral generasi muda akibat globalisasi informasi, perlu ditanamkan rasa cinta tanah air dan budaya bangsa, agar generasi muda di Jawa Barat mampu menghargai dan mencintai kesenian di tanah Sunda yang salah satunya adalah teri Jaipongan,” ujar Dandim.

Masyarakat Jawa Barat yang memiliki moto Silih asah, silih asih dan silih asuh senantiasa terus dilandasi dengan rasa kebersamaan, kekeluargaan juga semangat juang yang pantang menyerah.

Dandim berharap, selama berlangsungnya lomba tari jaipong ini, setiap peserta tetap menjaga aturan adat istiadat dan sopan santun serta menjunjung tinggi jiwa sportivitas antar sesama peserta.

Budaya tradisional Indonesia lanjut Dandim, merupakan local budaya yang jenius dan sudah berusia ratusan tahun, para peserta harus tampil dengan bersungguh sungguh demi meraih prestasi yang terbaik.

“Ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia serta pembentukan watak, kepribadian, disiplin dan sportivitas sehingga menghasilkan generasi bangsa yang unggul dan lebih baik,” pungkas Dandim. (Pendam III/Siliwangi).

Reporter: Ronny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini