Konsisten, SMAN 2 Lembang Umrahkan Siswa Penghafal Al Qur’an  

0
5

LEMBANG, DISDIK JABAR – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Lembang mengumrahkan tiga siswa penghafal Al Qur’an. Ketiga siswa tersebut mendapatkan beasiswa umrah setelah lulus Munaqosah Tahfidz Alquran tahun 2022 yang diselenggarakan di sekolah.

Mereka adalah Siti Apriliani kelas XI IPS 5, Dina Susilawati (XI IPS 1), dan Nazwa Manfalutfi A. (XI MIPA 2). Satu staf tata usaha pun terpilih melaksanakan ibadah umrah, yaitu Kusnadi Hidayat.

Rencananya, mereka berangkat ke Tanah Suci pada 14 Mei 2022 bersama dua angkatan (6 siswa 2 guru/tenaga kependidikan) penerima beasiswa tahfiz sebelumnya yang tertunda karena Covid-19.

Langgengkan Visi Sekolah

Kepala SMAN 2 Lembang, Lina menjelaskan, program tersebut menegaskan visi SMAN 2 Lembang untuk “Membentuk Insan Akademis yang Religius, Unggul, Kompetitif, dan Berwawasan Lingkungan”. Sudah empat tahun SMAN 2 Lembang konsisten menyelenggrakan program ini.

Melalui program beasiswa umrah, Lina menilai, ada banyak pendidikan karakter yang diterima oleh siswa. Mulai dari pembiasaan membaca Al Qur’an, meningkatkan jiwa kompetitif, dan berbagi. Sebab, sumber dana beasiswa tersebut adalah hasil infak seribu rupiah sehari dari seluruh siswa SMAN 2 Lembang.

Kuncinya, kata Lina, adalah komitmen dan konsistensi. Dengan demikian, pihaknya pun mendapatkan trust (kepercayaan) penuh dari warga sekolah, tak terkecuali orang tua siswa. “Orang tua sangat mendukung, bahkan ada yang sengaja seminggu atau sebulan sekali sengaja datang ke sekolah untuk berinfak,” ungkapnya saat ditemui di sekolah, Jln. Maribaya No. 68 Kabupaten Bandung Barat, Rabu (23/3/2022).

Tak heran jika masyarakat mengenal SMAN 2 Lembang sebagai sekolah rasa pesantren. Sebab, sekolah ini memiliki banyak program keislaman. Selain beasiswa umrah dan tahfiz Al Qur’an, ada juga program salat duha berjamaah hingga hafalan surat.

Meski demikian, pihaknya tetap menjunjung toleransi. Pihaknya tak memaksakan program tersebut diikuti oleh siswa nonmuslim.

Lalui Tahapan Seleksi

Dina, Nazwa, dan Siti telah melalui banyak tahapan seleksi hingga mereka berhak mendapatkan beasiswa umrah. Dimulai sejak awal Februari 2022, SMAN 2 Lembang membuka pendaftaraan bagi seluruh kelas XI.

Setelah 22 siswa mendaftar, mereka pun mengikuti seleksi administrasi, wawancara, tes bacaan secara daring dan luring hingga munaqosah. Saat munaqosah, para siswa harus mampu membaca surat yang dipilih juri, lanjut tebak ayat, acak ayat serta sambung ayat dari siswa dan guru.

Adapun indikator penilaiannya adalah kefasihan, kelancaraan, tajwid, dan adab tilawah.

Pada penilaian munaqosah, tiga juri yang bertugas adalah guru dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam. Sedangkan seleksi bagi guru dan tenaga kependidikan dilakukan oleh Rumah Tahfidz Cibodas.

Salah satu pemenang beasiswa, Siti Apriliani mengaku bangga sekaligus tidak menyangka dirinya berhasil meraih prestasi tersebut. Ia pun sangat mengapresiasi sekolah yang sangat mendukung siswanya menjadi pecinta Al Qur’an. “Sekolah ini sangat mendukung, apalagi guru-gurunya. Seleksi seperti ini  enggak ditemuin di sekolah lain,” ucapnya.

Reporter: Ronny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini