Kelurahan Depok Jaya Gencarkan Lubang Biopori Dalam Sukseskan Program Pemerintah

0
0

jabarinteraktif.com – Selama tiga minggu ini, masyarakat Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas bahu membahu membuat lubang biopori. Selain menyokong program pemerintah Kota Depok, juga bertujuan sebagai resapan air yang untuk mengurangi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Lurah Depok Jaya, Herman mengatakan pihaknya menindaklanjuti edaran dari Kecamatan Pancoranmas guna menyukseskan 100.000 lubang biopori sesuai yang dicanangkan pemerintah Kota Depok.

“Hari ini kami buat lubang biopori di RW5 sebanyak 35 lubang. Sebelumnya juga di RW2, dan 13. Total sudah 70 lubang,” katanya, Senin (5/4/2021).

Adapun, saat ini di wilayahnya sudah dibuat 70 lubang biopori atas bantuan dan gotong royong dari masyarakat, pengurus lingkungan, LPM, aparatur kelurahan, dan stakeholder lainnya pada tiga titik penempatan, antara lain lokasi genangan air, saluran air, serta rumah ibadah.

“Sangat mengapresiasi kekompakan masyarakat dalam hal membuat lubang biopori untuk resapan cadangan air. Untuk alat kami menyediakan dari kelurahan dan kecamatan, baik manual maupun mesin,” bebernya.

Lebih lanjut, Herman mengatakan, Kelurahan Depok Jaya menargetkan sekitar 10.800 lubang biopori. Baginya ini bukan sekedar program pemerintah dan lomba dari dinas terkait saja, tetapi ini harus menjadi program bersama yang dilakukan secara mandiri dan swadaya.

“Kami mendorong masyarakat di 14 RW dan 108 RT yang ada. Bukan lomba yang kami kejar, hanya saja biopori ini memiliki banyak fungsi, salah satunya mengurangi genangan dan memaksimalkan air yang meresap ke tanah,” tutupnya. (nos)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini