HUT Bhayangkara ke 74, Kapolri Pimpin Upacara Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata

0
14

Jakarta, 29-06-2020 Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 sejumlah pejabat tinggi Mabes Polri melakukan ziarah kubur di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan dipimpin langsung Kapolri Jenderal Idham Azis, Senin (29/06).

Ziarah dilakukan sebagai wujud penghargaan kepada pahlawan yang telah merebut dan mempertahakan kemerdekaan dan menjadi agenda rutin Polri-khususnya yang bertugas di Polri pada setiap peringatan hari jadi Polri tanggal 1 Juli. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara merebut kemerdekaan dari penjajah.

Dalam acara itu, Kapolri Idham Aziz didampingi Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, beserta jajaran memulai ziarah dengan upacara dan penempatan karangan bunga di depan tugu. Kemudianacara dilanjutkan dengan mengunjungi makam para petinggi Polri sebelumnya.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, terdapat tujuh makam mantan kapolri yang ditaburi bunga. Namun, hanya tiga yang ditaburi secara langsung oleh Kapolri Idham Aziz, yakni makam Jenderal Purnawirawan Kunarto, Jenderal Purnawirawan Dibyo Widodo, dan Jenderal Purnawirawan Awaloedin Djamin.

Selain itu, terdapat 14 makam petinggi Polri bintang tiga, 10 makam petinggi Polri bintang dua, 10 makam petinggi Polri bintang satu, dan enam makam petinggi Polri pangkat kombes yang juga ditaburi bunga. Puluhan makam itu ditaburi bunga oleh petinggi Polri lainnya.

“Kita mengingatkan kepada jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dan kita bisa memetik dari pada jiwa juang dari pada para pahlawan yang telah mendahului gugur,” ujarnya kepada awak Media.

Untuk diketahui, dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74, Polri melakukan serangkaian kegiatan, salah satunya bhakti sosial. Acara puncak HUT Polri akan digelar pada 1 Juli 2020 dengan Inspektur Utama (Irup) Presiden Joko Widodo secara virtual di Istana negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here