Guru SMK 45 Lembang Kab. Bandung Barat Mengikuti Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK)

0
7

Penguatan Budaya Kerja menjadi bagian dari upaya peningkatan mutu peserta didik dan guru. Peserta didik dan guru sebagai sumber daya manusia yang potensial perlu memiliki bekal pemahaman dan penguasaan, baik pemahaman dan penguasaan pembelajaran dengan paradigma baru, kerja sama dengan Dunia Kerja, ilmu pengetahuan, teknologi, agama, seni budaya, olah raga, keterampilan, kewirausahaan, Teaching Factory dan sebagainya. Program penguatan budaya kerja diharapkan mampu mensinergikan budaya kerja antara DUNIA KERJA dengan budaya kerja di SMK 45 Lembang.

Dalam upaya tersebut SMK 45 Lembang sebagai salah satu SMK Unggulan Sektor Hospitality di Kabupaten Bandung Barat, menyelenggarakan lapangan tentang project penguatan profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja, terintegrasi dalam Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM). Kegiatan tersebut melibatkan kurang lebih 80 orang guru dilaksanakan tanggal 29 s/d 30 Oktober 2021 selama dua hari satu malam yang mengambil tempat di Cozy Land Cikole Lembang, dengan para Nara Sumber yang kompeten. Kegiatan ini sebagai upaya kegitan yang menyenangkan bagi guru setelah sebelumnya workshop yang sama dilakukan di Sekolah.

Dalam Project Penguatan tersebut diharapkan para guru nantinya mampu mengimplementasikan Penguatan Budaya Kerja kepada seluruh ekosistem Sekolah, mampu membentuk siswa menjadi profil Pelajar Panca Sila, guru mampu bersatu untuk menyatukan visi, misi dan Tujuan Sekolah sehingga tujuan pendidikan SMK 45 Lembang dapat tercapai dengan baik.

Kepala SMK 45 Lembang, H Denny Mariana ketika diwawancarai mengatakan bahwa : budaya kerja adalah suatu falsafah yang didasari oleh pandangan hidup sebagai nilai nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan kekuatan pendorong, membudaya dalam kehidupan ekosistem sekolah, yang tercermin dari sikap, perilaku, kepercayaan, cita cita, pendapat dan tindakan yang terwujud sebagai suatu kebekerjaan.

Lebih jauh kepala SMK 45 Lembang mengatakan bahwa project ini pun diharapkan bisa mengubah mind set dan budaya kerja guru seperti : mendesign pembelajaran yang menyenangkan baik di kelas ataupun diluar kelas, penguasaan materi, menerapkan keteladanan, penguasaan IPTEK, jujur dalam memberikan informasi, tanggung jawab dalam menerima tugas, taat dan patuh pada aturan yang dibuat bersama, menjalankan tugas bersama untuk lebih produktif, sehat selamat nyaman, dan saling membantu orang lain perorangan ataupun secara tim, penerapan Profil Pelajar Pancasila di SMK 45 Lembang adalah penguatan karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu pelajar melalui Budaya sekolah pembelajaran intrakurikuler, project penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja, maupun ekstrakurikuler, Sekolah Berbudaya Kerja, iklim sekolah, kebijakan, pola interaksi dan komunikasi, serta norma yang berlaku di SMK 45 Lembang pun harus sesuai dengan standar Dunia Kerja.

Reporter: Ronny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini