Cianjur Miliki Wisata Yang Sejuk

0
11

Kabupaten Cianjur adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya terletak di kecamatan Cianjur. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta di Utara, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Garut di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor di barat.

Dari luas wilayah Kabupaten Cianjur 350.148 hektar, pemanfaatannya meliputi 83.034 Ha (23,71 %) berupa hutan produktif dan konservasi, 58,101 Ha (16,59 %) berupa tanah pertanian lahan basah, 97.227 Ha (27,76 %) berupa lahan pertanian kering dan tegalan, 57.735 Ha (16,49 %) berupa tanah perkebunan, 3.500 Ha (0,10 %) berupa tanah dan penggembalaan / pekarangan, 1.239 Ha (0,035 %) berupa tambak / kolam, 25.261 Ha (7,20 %) berupa pemukiman / pekarangan dan 22.483 Ha (6.42 %) berupa penggunaan lain-lain.

Selain itu, Cianjur memiliki topografi pegunungan, maka tak heran jika daerah ini senantiasa diselimuti hawa yang sejuk.

Seputar Tempat Wisata Di Cianjur

Berikut 3 tempat wisata di Cianjur yang asyik untuk berlibur.

1. Pantai Jayanti

Meski secara topografi didominasi pegunungan, namun bukan berarti Cianjur tidak memiliki keindahan alam pantai yang ditawarkan sebagai destinasi wisata andalannya. Pantai Jayanti merupakan tempat wisata di Cianjur yang menyuguhkan keindahan panorama pantai yang menawan. Ombaknya yang tidak terlalu ganas memungkinkan bagi pengunjung untuk bermain air dan pasir.

Tempat wisata ini terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang berjarak sekitar 140 km dari kota Cianjur.

2. Curug Citambur

Jika tak suka dengan suasana pantai yang cenderung panas, Anda bisa memilih tempat-tempat wisata lain yang menawarkan kesejukan. Salah satunya adalah Curug Citambur. Lokasinya berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran. Tempat wisata di Cianjur ini menjadi salah satu yang populer dan digemari oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini menyajikan keindahan dan juga kenyamanan. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, Anda dapat menikmati perkebunan teh yang indah dan sanggup memberi efek relaks.

3. Kebun Raya Cibodas

Ini dia tempat wisata di Cianjur yang paling terkenal, Kebun Raya Cibodas. Keindahan alam yang tersaji di tempat ini menjadikan setiap pengunjung betah untuk berlama-lama menikmatinya. Untuk menggambarkan keindahannya, tak sedikit yang beranggapan bahwa Cibodas merupakan bagian dari surga.

Kebun Raya Cibodas berada di Desa Rarahan, Kecamatan Cimacan, Cianjur yang berjarak kurang lebih 86 km dari Jakarta. Hawa sejuk yang senantiasa menyelimuti kawasan ini dipengaruhi oleh letak Cibodas yang berada di ketinggian 1.500 mdpl. (Hn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here