Air Warga Cikutra Bandung Bau Selokan, PDAM: Ada Pipa Bocor

0
0

Bandung – Perumda Tirta Wening Kota Bandung bergerak cepat mencari penyebab air baku warga di Jalan Sekepanjang 1, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, yang mengeluarkan aroma tak sedap seperti bau selokan.

Kepala Wilayah Timur Perumda Tirta Wening Agustiawan mengatakan diduga ada pipa yang bocor dan menyatu dengan saluran limbah warga. “Jadi ini tuh banyak pipa-pipa yang bocor, sedang ditelusuri karena tidak hanya satu rumah, ada beberapa rumah yang airnya bau,” kata Agus via sambungan telepon, Rabu (3/2/2021).

Ia mengungkapkan pipa yang mengalami kerusakan merupakan pipa lama yang posisinya sudah tertanam di dalam tanah. “Masalahnya karena pipa sudah banyak tertanam, terus juga ada saluran air limbah warga yang posisinya di bawah beton, ini harus ditelusuri lagi,” ujarnya.

Agus menyebut baru sederet rumah yang ada di dekat rumah pelanggan bernama Naufal yang diketahui memberikan laporan pertama terkait informasi ini. “Kalau yang teridentifikasi baru ini karena kondisi air tidak mengalir karena sedang digilir, yang lapor baru yang sederet rumah Pak Naufal saja,” tuturnya.

Pihaknya juga akan segera melakukan perizinan kepada pihak terkait, terutama warga sekitar untuk menggali pipa. Karena, menurut Agus, tidak mudah melakukan penggalian tersebut.

“Mudah-mudahan kalau dari warga mengizinkan untuk melakukan penggalian, kita bisa cepat ditindaklanjuti. Kadang-kadang gali-gali juga perlu proses izin, karena enggak mudah masuk gang kecil,” ucap Agus.

“Intinya penyebabnya ada pipa bocor yang pipa tersebut, posisinya ada di selokan warga, ini harus ditertibkan,” Agus menambahkan.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga pihaknya akan menerjunkan tangki air bersih yang nantinya disalurkan melalui konektor. “Kita mau pasang konektor, jadi konektor itu kita isi pakai air tangki, sambil kita monitor jika ada kebocoran lain,” ucap Agus.

Reporter : Rony

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini